Senin, 13 Januari 2014

Posted by Unknown On 02.45
Pengertian Tari tradisional
Tari tradisional cenderung memiliki gerakan yang menceritakan kehidupan sehari – hari dan juga memiliki ciri khas yang berbeda dengan tarian yang lain. Tari juga dapat diartikan sebagai pola pikir seseorang yang diekspresikan melalui gerak.
Tari Tradisional di Indonesia beserta keunikannya :
  •     Tari Topeng Malang



Tari Topeng Malang ini sesuai dengan namanya berasal dari Malang, Jawa  Timur. Tarian ini menceritakan kisah percintaan antara Raden Panji Asmoro Bangun (Inu Kertapati) dengan Putri Sekartaji (Chandra Kirana). Tarian ini menggunakan topeng yang berbeda – beda, setiap topeng yang digunakan memiliki karakter yang berbeda dan juga cara menarikannya sesuai dengan karakter topeng yang digunakan. Kesulitan dalam tarian ini adalah lubang yang kecil di bagian mata yang menyebabkan penari tidak bisa melihat ke arah bawah ataupun samping kanan dan samping kiri. Penari hanya bisa melihat ke depan atau ke arah penonton, mereka harus berhati-hati dalam setiap gerakannya. 

·        Tari Piring


Tari Piring,Tarian Tradisional Minangkabau Sumatera Barat


Tari Piring berasal dari Solok Minangkabau, Sumatera Utara. Tarian ini merupakan persembahan kepada dewa dan rasa syukur saat panen tiba, tetapi pada jaman sekarang ini tari Piring di pertunjukkan untuk acara – acara besar seperti perkawinan,dll. Keunikan dari tarian ini adalah meletakkan piring di atas tangan tanpa ada perekat apapun, mereka juga memainkannya tidak hanya di pegang saja melainkan di balik ataupun diputar-putar. Ada juga penari yang menginjakkan kakinya di atas pecahan piring dengan tetap membawa pring di kedua tangannya.

·        Tari Andun


Tari Andun berasal dari Bengkulu Selatan. Pada jaman dulu tarian ini dilakukan untuk mencari jodoh setelah selesai memanen padi. Sekarang,  tarian ini biasanya dilakukan pada saat pesta perkawinan untuk menjamput tamu dan sebagai sarana hiburan untuk para gadis dan pemuda. Tarian ini dilakukan oleh beberapa gadis dan para pemuda secara berpasangan. Keunikan pada tarian ini adalah para penari membawa tempat untuk memanen padi yang terbuat dari anyaman yang digunakan dan dibawa saat menari.

·        Tari Selamat Datang




Tari Selamat Datang berasal dari Papua Timur. Tarian ini menggambarkan ekspresi rasa hormat dan senang untuk menyambut tamu, tarian ini dilakukan oleh beberapa laki-laki. Tarian ini diiringi musik tradisional, uniknya kadang juga diberi teriakan penari. Keunikan lainnya dari tarian ini adalah penari memberi  hiasan pada tubuh dan wajah mereka dengan warna yang di dominasi putih

·        Tari Lilin


Indonesian Traditional Dance. TARI LILIN from West Sumatra, Indonesia.


Tari Lilin berasal dari Sumatera Barat. Asal adanya tari Lilin adalah dulunya ada seorang gadis yang mencari seorang tunangannya dengan membawa piring yang di atasnya terdapat lilin, kemudian gadis itu mencari dengan gerakan yang meliuk dan indah jika dibuat gerakan untuk menari. Keunikan pada tarian ini adalah penari meletakkan lilin di atas piring dan meletakkan di tangan, kesulitan dalam tarian ini adalah penari harus dapat mengatur kecepatan gerakan agar lilinnya tidak mati.

(sumber : Nada Halimatus H.E)

0 komentar:

Posting Komentar